FAIL (the browser should render some flash content, not this).
FAIL (the browser should render some flash content, not this).



Pesan dari Gading
Bagaimana peranan para Marine Engineer dewasa ini?
Secara International, cenderung atau sangat menurun. Dari satuan tugas yang serba bisa mengatasi semua kesulitan di kapal ke satuan yang hanya memonitor dan belakangan ini sering di kriminalisasi.
Pandangan seorang pengamat di sampaikan pada artikel di edisi ini.

Selamat membaca dan bertugas.
DP - Pimpinan Umum

» Kapal bertenaga nuklir. Kegagalan atau keberhasilan?

» Safety Culture. Budaya utamakan keselamatan.

» Kerusakan Metal Duduk/Jalan.

» RNLI - Royal National Lifeboat Institution.

» HI-FOG. Teknologi kabut air

IMarE Review - 2 (42) November 2009 (pdf 1.9 mb) »»»


» Emisi. Pengontrolan emisi gas buang di masa depan.

» Perawatan Mesin. Pemeriksaan mesin dengan BUKA dan LIHAT semakin di tinggalkan.

» Perawatan Mesin. Kerusakan metal duduk mesin induk.

» Energi. Fajar bagi energi terbarukan berasal dari laut?

IMarE Review - 1 (41) Juni 2009 (pdf 1.3 mb) »»»



Buletin No. 40 Januari 2009

Inkompetensi yang berakhir petaka

» Kerusakan pompa bahan bakar tekanan tinggi.
» Industri maritim Vietnam.
» Setahun Wartsila 50DF (dual fuel)
.
» Lubes Clinic: Oils Condition Monitoring in Offshore Platform - 1.

Buletin IMarE - 40 Januari 2009 (pdf 1.4 mb) »»»


Buletin No. 39 Oktober 2008

NOVEC 1230 dari 3M Bahan Pemadam Baru Untuk Kapal

» TORM, perusahaan pelayaran pertama yang memesan mesin MAN B&W S50ME-B.
» Ulstein boX-ship dengan X-bow.
» Peran turbocharging beterkanan tinggi pada mesin-mesin beremisi gas rendah
.
» Lubes Clinic: mengenal berbagai kontaminan pelumas.

Buletin IMarE - 39 Oktober 2008 (pdf 1.12 mb) »»»


Buletin No. 38 Juli 2008

Podded Propulsor

» Bantalan poros baling-baling masa depan.
» Shaft & Bearing, mencegah kerusakan secara dini.
» LNG, cara ke-3 pengangkutan gas alam lewat laut
.
» Floating crane terbesar di Asia.

Buletin IMarE - 38 Juli 2008 (pdf 1.47 mb) »»»


Buletin No. 37 April 2008

Kebakaran di Kapal

» Pengurangan NOx hingga 75% .
» Keyless propellers.
» Sistim turbin uap brefisiensi tinggi untuk tanker LNG
.
» Apakah yang menyebabkan turbocharger-turbocharger rusak?.

Buletin IMarE - 37 April 2008 (pdf 0.87 mb) »»»


Buletin No. 36 Januari 2008

Fuel Cell, Pembangkit Tenaga Masa Depan

» HERCULES, makin bertambah kuat.
» Kapal dengan kincir air berumur seabad lebih.
» Laporan turbocharger VTA
.
» Membuat pelabuhan-pelabuhan menjadi lebih bersih.

Buletin IMarE - 36 Januari 2008 (pdf 1.45 mb) »»»


Tentang IMarE

IMarE adalah singkatan dari Ikatan Marine Engineer suatu perkumpulan yang pada awalnya dimaksudkan untuk wadah organisasi para masinis kapal yang dalam bahasa kerennya Marine Engineers. Karena istilah masinis kapal saat itu dirasakan oleh para perwira mesin di kapal telah turun martabatnya seolah-olah hanya sebagai tukang rawat dan menjalankan mesin kapal saja, maka dengan sengaja digunakan istilah Marine Engineers ini untuk menggugah harga diri para masinis kapal agar sadar dan bangga bahwa mereka ini bukan sekedar tukang rawat dan tukang menjalankan mesin kapal, akan tetapi para Ahli Mesin Kapal yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Marine Engineers. Agar kebanggaan ini tidak kosong, mereka ini harus memiliki kemampuan sesuai dengan atribut Marine Engineers yang disandangnya. Tugas organisasi adalah meningkatkan kompetensi maupun profisiensi para anggotanya agar bisa menjadi perwira mesin yang handal.

Wawasan ke depan (VISI)

Indonesia sebagai Negara Nusantara Modern yang tangguh di laut.

Panggilan pengabdian (MISI)

Ikut membantu mencerdaskan bangsa lewat peningkatan mutu SDM kelautan agar bisa memenuhi standar internasional.

Sasaran (OBYEKTIF)

• Lebih banyak pelaku industri kelautan yang sadar sampai dimana keterpurukan kita.
• Lebih banyak para pelaku industri kelautan yang yakin bahwa kita punya kemampuan untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik itu adalah suatu keniscayaan.
• Lebih banyak para pelaku industri kelautan yang bangun dan mau berbuat sesuatu secara bersama sebelum semuanya menjadi terlambat.
• Lebih banyak para pelaku industri kelautan sadar bahwa kebersamaan itu mutlak perlu agar bisa bangkit dengan lebih cepat.





Copyright © 2008 KPTeknika,
All Rights Reserved
About us     |     Projects     |     Products     |     Services     |     Equipment     |     Contact us      |     Download